Sunday, June 9, 2024

Perbedaan Antara Konektor UPC dan APC yang Perlu Diketahui

.

Pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan secara rinci terkait perbedaan antara dua jenis konektor serat optik, yaitu konektor APC (Angled Physical Contact) dan UPC (Ultra Physical Contact).


Sebagaimana kita ketahui, setiap penyusunan kabel fiber optik membutuhkan konektor. Pemasangan fiber optik dengan konektor yang berbeda pada ujungnya dapat menyebabkan kerugian akibat cahaya yang dipantulkan. Oleh karena itu, disarankan menggunakan jenis konektor yang sama untuk meminimalkan kerugian tersebut.


Menggunakan jenis konektor yang berbeda dapat merusak kedua ferrule konektor, seperti yang terlihat pada ilustrasi berikut.


Ilustrasi Dampak Pemasangan Dua Jenis Konektor Berbeda


Selain perbedaan pada permukaan ujung serat, perbedaan mencolok lainnya adalah warna konektor. Umumnya, konektor UPC berwarna biru, sedangkan konektor APC berwarna hijau. Berikut adalah gambar yang menunjukkan perbedaan tersebut secara visual.


Perbedaan Utama Antara Konektor UPC dan APC 


Perbedaan utama antara konektor UPC dan APC terletak pada permukaan ujung serat atau ferrulenya. Konektor UPC dipoles dengan permukaan datar, sementara konektor APC memiliki permukaan ujung serat yang dipoles dengan sudut 8 derajat.


Tampilan Sudut Ferrule

Kedua Konektor Permukaan miring pada konektor APC menyebabkan cahaya yang dipantulkan terpancar ke dalam lapisan cladding, berbeda dengan konektor UPC di mana cahaya dipantulkan kembali ke sumbernya.


Hal ini berpengaruh pada nilai return loss, di mana nilai return loss yang lebih tinggi menunjukkan kualitas kinerja yang lebih baik. Konektor UPC diharuskan memiliki nilai return loss minimal -50dB atau lebih tinggi, sedangkan konektor APC harus mencapai -60dB atau lebih.


Kesimpulan


Secara keseluruhan, konektor APC memiliki kinerja optik yang lebih baik dibandingkan dengan konektor UPC. Konektor APC cocok digunakan dalam jaringan FTTx, jaringan optik pasif (PON), dan wavelength-division multiplexing (WDM) karena kepekaannya terhadap return loss. Meski demikian, faktor biaya perlu dipertimbangkan. Tidak ada jenis konektor yang secara mutlak lebih unggul tanpa kelemahan. Pemilihan konektor sangat bergantung pada kebutuhan spesifik dari perangkat yang digunakan.


Jika Anda butuh berbagai tipe kabel dan aksesoris untuk kebutuhan perangkat Head End, jaringan internet maupun TV kabel, kunjungi website Falcom Technology, kabel yang disediakan oleh Falcom terbuat dari bahan dan kualitas terbaik. 


Mereka memastikan bahwa seluruh produk berkualitas dan mampu bertahan di cuaca tropis. Jenis kabel yang tersedia antara lain Kabel Fiber Optik Falcom, Kabel LAN, Kabel Coaxial, dan Aksesoris kebutuhan HeadEnd dan jaringan. Semoga bermanfaat.


Give us your opinion