Wednesday, May 6, 2020

Mengenal Brown Sugar dan Jenis-Jenisnya yang Ada di Pasaran


Minuman kekinian dengan campuran brown sugar semakin marak. Namun sejatinya, apa itu brown sugar? Apa bedanya brown sugar dengan jenis gula lainnya yang ada di pasaran? Ada berapa banyak jenis brown sugar yang banyak dijual? Bagaimana mencari supplier / distributor / grosir dengan harga murah dan berkualitas untuk coffee shop ataupun industry minuman ? Tulisan kali ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa Itu Brown Sugar?

Brown sugar merupakan nama yang digunakan untuk menyebut gula yang berwarna merah kecoklatan. Ada brown sugar yang dibuat dari tebu ada juga yang dibuat dari nira. Untuk yang belum tahu, nira adalah cairan dengan rasa manis yang berasal dari batang tanaman, seperti tebu, aren, dan kelapa. 

Semua jenis gula berwarna kecoklatan yang dibuat dari nira aren, nira kelapa, ataupun sari tebu inilah yang kemudian disebut dengan brown sugar Penyebutan brown sugar tidak terbatas pada bentuk gula tersebut. Baik gula merah yang berbentuk bubuk, cair, maupun yang sudah dicetak dalam sebuah wadah, semuanya disebut dengan brown sugar. Jadi, sekarang sudah paham, kan, yang dimaksud dengan brown sugar?

Nama brown sugar mengacu kepada nama gula merah secara umum dengan berbagai bentuk yang ada di pasaran. Jika Anda bertanya-tanya kenapa warna brown sugar berbeda-beda? Ada brown sugar yang berwarna coklat pekat, ada juga yang berwarna coklat terang. Apakah ada faktor yang mempengaruhi hal tersebut?

Jawabannya adalah tidak ada. Warna pada brown sugar muncul dari proses memasak. Nira yang sudah terkumpul kemudian diolah dengan cara dipanaskan. Selama proses pemanasan inilah nira tersebut berubah warna menjadi kecoklatan. Semakin lama proses pemanasan ini, semakin pekat pula warna yang dihasilkan.

Jenis-jenis Brown Sugar

Secara umum, brown sugar dibagi menjadi dua berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu:

1. Brown sugar dari nira pohon palem / Palm sugar

Pohon palem banyak macamnya. Nira yang berasal dari pohon aren akan digunakan untuk menghasilkan gula aren atau disebut juga dengan palm sugar. Sedangkan nira yang berasal dari pohon kelapa akan digunakan untuk membuat gula kelapa. Perbedaan mendasar dari kedua jenis brown sugar dari nira pohon palem ini terletak pada rasa dan aromanya.

Gula merah yang terbuat dari nira pohon palem ini memiliki banyak macamnya, diantaranya adalah :

- Gula semut, yaitu brown sugar yang berbentuk seperti butiran pasir.

- Gula jawa, yaitu gula merah yang dibuat menggunakan bahan-bahan dasar yang ada di pulau jawa sehingga dinamakan demikian.

- Gula batok, yaitu gula merah yang menggunakan tempurung kelapa sebagai cetakannya.

2. Brown sugar dari molases/tebu

Molases atau tetes tebu merupakan limbah dari pabrik tebu. Pabrik tebu mengolah tebu untuk dijadikan gula kristal putih. Dari proses tersebut, ada cairan yang tidak terpakai karena tidak bisa terkristalisasi. Inilah yang dinamakan dengan molases atau tetes tebu. Molases ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk pembuatan molasses sugar yang berwarna coklat gelap.

Nah, itulah pembahasan mengenai brown sugar dan jenis-jenisnya. Sekarang, Anda tidak bingung lagi mengenai perbedaan brown sugar, gula jawa, gula aren, hingga gula molases. Dari sekian banyak brown sugar yang dijual di pasaran, mana produk yang paling baik diantara semuanya?

Produk brown sugar dari Aromanis bisa Anda jadikan sebagai produk andalan. Merek ini juga sering dipakai oleh berbagai coffee shop dan industry minuman lainnya. Aromanis menggunakan nira yang berasal dari pohon aren sehingga gulanya bisa disebut juga dengan palm sugar. Bentuknya yang menyerupai butiran pasir yang sangat halus membuatnya mudah ditambahkan ke berbagai makanan dan minuman olahan yang Anda buat.

Give us your opinion