Friday, July 29, 2022

Cara Menghilangkan Rayap Pada Tanaman


Rayap adalah salah satu hewan yang hidup di daerah beriklim sedang dan tropis. Jadi rayap banyak ditemukan di Indonesia. Hewan ini merupakan salah satu hewan dari ordo Isoptera. Rayap merupakan salah satu hewan yang sering memakan berbagai produk kayu dan bahan baku. Hewan ini digunakan di rumah kantor dll. Mereka mudah dikenali ketika bangunannya menggunakan kayu. Alat-alat kayu yang terkikis oleh rayap bisa rusak.


Selain menyerang alat kayu rayap juga menyerang berbagai tanaman. Hewan ini sering menggigit batang dan akar tumbuhan. Tanaman yang terkena rayap menjadi kerdil. Tentu saja hal itu mempengaruhi produktivitas tanaman.


Rayap tidak menyerang satu jenis tanaman saja. Tanaman yang biasa dimakan rayap adalah pohon mangga durian dan tanaman pot. Oleh karena itu keberadaan rayap pasti dapat mengganggu produktivitas beberapa tanaman dan tanaman hias.


Mengingat kerusakan yang disebabkan oleh rayap pada tanaman orang telah mulai mengadopsi berbagai tindakan untuk mengendalikan rayap pada tanaman. Pengendalian rayap tanaman dapat dilakukan secara kimiawi non-kimiawi atau keduanya. Tergantung kebutuhan tanaman.


Cara Menghilangkan Rayap dari Tanaman 


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya rayap dapat menyerang tanaman di dalam pot. Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan rayap menyerang tanaman. Salah satunya adalah tanaman yang ditanam di pot pohon. Ini karena rayap tertarik pada serbuk sari.


Oleh karena itu pot bisa dibuat dari bahan lain seperti plastik semen dan pot terakota. Selain itu tanaman yang ditanam dalam pot dan diletakkan langsung di tanah rentan terhadap serangan rayap Anda bisa menghindarinya dengan menggantung tanaman seperti anggrek atau menggunakan batu bata.


Anda bisa menggunakan larutan air garam atau air cucian beras untuk merawat tanaman pot dari rayap. Tanaman yang diserang rayap dapat disemprot dengan salah satu larutan. Anda juga dapat menggunakan kedua solusi untuk melembabkan pot. Hal ini untuk mencegah rayap masuk ke dalam pot.


Rayap juga dapat dibasmi dengan menggunakan insektisida. Salah satunya adalah pestisida. Penggunaan insektisida tergantung pada ukuran pot yang digunakan. Toples dapat direndam dalam insektisida yang larut dalam air agar rayap tidak mengganggu tanaman di dalam pot. Fumigasi diperlukan jika tanaman pot rusak.


Rayap juga dapat menyerang berbagai tanaman. Salah satunya adalah pohon durian. Anda bisa menggunakan dua cara mengatasi rayap pada durian kimia dan non kimia. Jika ingin menggunakan cara kimia bisa menggunakan karbofuran. Bahan kimia ini dapat diencerkan ke tingkat yang diinginkan. Tanaman yang terkena rayap kemudian dapat disemprot atau disuntik dengan foradan.


Namun jika ingin menggunakan bahan non-kimia Anda bisa menggunakan berbagai jenis jamur seperti Aspergillus. Rayap yang memakan jamur mati. Sedangkan rayap lain memakan rayap yang mati dan mati. Oleh karena itu jamur ini dapat digunakan untuk membunuh koloni rayap.


Rayap juga menyerang tanaman di lapangan. Hal ini mengurangi produktivitas pertanian di wilayah tersebut. Senyawa karbofuran dapat mengatasi hal tersebut. Senyawa ini efektif sebagai insektisida terhadap rayap.


Penggunaan pestisida untuk membasmi rayap merupakan hal yang umum dilakukan. Tetapi pestisida harus digunakan sesegera mungkin. Hal ini karena pestisida memiliki beberapa residu yang tertinggal pada tanaman. dan jika pestisida digunakan pada tanaman penghasil makanan. Oleh karena itu perhatian harus diberikan pada jumlah pestisida yang digunakan dan metode aplikasi untuk mencegah adanya residu pestisida beracun.


Jika Anda berdomisili di Jakarta ada banyak Jasa Anti Rayap yang menawarkan berbagai layanan pembasmian rayap. Mereka menawarkan beberapa opsi yang dapat digunakan untuk membunuh rayap dengan aman. Selain itu beberapa outlet membantu untuk mengusir rayap. Sehingga Anda dapat membunuh rayap dengan aman dan mudah.


Give us your opinion