Sunday, November 20, 2022

11 Jenis Spesialisasi Penyakit Dalam dari SehatQ yang Perlu Diketahui


Adanya gangguan sistem organ dalam tubuh bisa membuat Anda merasa kurang nyaman, apalagi memiliki riwayat penyakit tertentu. Penanganan dokter spesialis penyakit dalam diperlukan untuk kasus gangguan fungsi dan sistem organ dalam tubuh ini, misalnya diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung, dan sebagainya. 


Anda bisa melakukan pemesanan jadwal pemeriksaan di klinik dengan dokter spesialis penyakit dalam yang paling relevan di situs SehatQ sekarang juga. 


11 Penyakit yang Ditangani Sesuai Subspesialisasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam


Agar Anda bisa lebih paham tentang penyakit dalam yang ditangani di klinik atau Poli Penyakit Dalam, berikut berbagai penyakit sesuai subspesialisasi masing-masing yaitu :


Alergi imunologi 

Bila pasien menderita alergi imunologi seperti asma, urtikaria, penyakit autoimun, dan penyakit alergi makanan dan alergi obat akan ditangani oleh dokter yang memegang gelar Sp.PD-KAI.


Gastroenterohepatologi 

Pasien akan menemui dokter spesialis penyakit dalam gastroenterohepatologi atau Sp.PD-KGEH untuk jenis penyakit gastritis, tukak lambung, hepatitis, dan pankreatitis.


 Geriatri

Merupakan cabang ilmu penyakit dalam yang menangani kasus-kasus kesehatan yang dialami para lansia akibat degeneratif, misalnya hipertensi, demensia dan osteoarthritis. Ditangani langsung di poli penyakit dalam oleh dokter SP.PD-KGer.


Ginjal hipertensi

Kasus gagal ginjal kronis, infeksi saluran kemih dan hipertensi akan ditangani dokter Sp.PD-KGH profesional rentang usia mulai remaja sampai lansia, termasuk kasus gagal ginjal akut yang terjadi pada anak belakangan ini.


Hematologi Onkologi Medik

Dokter dengan gelar Sp.PD-KHOM akan menangani gangguan kesehatan yang berkaitan dengan kanker pada darah, misalnya penderita leukemia dan limfoma.


Kardiologi 

Jenis penyakit yang ditangani dokter Sp.PD-KKV yang berkaitan dengan gangguan organ jantung dan pembuluh darah. 


Metabolik endokrin 

Bila pasien menderita penyakit yang berkaitan dengan proses metabolisme dan sistem hormon tubuh seperti diabetes, gangguan hormon tiroid, kolesterol tinggi, maka mereka akan melakukan pemeriksaan dan penanganan lanjut pada dokter metabolik endokrin atau dokter Sp.PD-KEMD.


Psikosomatik 

Dokter Sp.PD-KPsi akan menangani kasus kesehatan yang muncul atau semakin parah karena gangguan mental, misalnya irritable bowel syndrome, tukak lambung dan asma.


Pulmonologi 

Dokter Sp.PD-KP akan menangani kasus kesehatan seseorang yang berhubungan dengan sistem pernapasan dari batang tenggorokan sampai paru-paru, misalnya tuberkulosis, pneumonia dan bronkitis. 


Reumatologi 

Pasien yang mengalami gangguan sendi dan autoimun akan ditangani oleh dokter reumatologi atau dokter Sp.PD-KR. Contoh penyakit yang ditangani antara lain lupus, tendonitis dan rheumatoid arthritis. 


Tropik Infeksi

Merupakan jenis penyakit yang muncul di daerah tropis saja sehingga dokter tropik infeksi (Sp.PD-KPTI) mempelajari cabang ilmu penyakit dalam dan menangani berbagai penyakit seperti kaki gajah, malaria dan demam berdarah.


Itulah berbagai cabang spesialisasi penyakit dalam yang akan ditangani oleh dokter spesialis masing-masing. Tentu pasien akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui jenis penyakit dalam yang diderita agar pengobatan yang diberikan bisa optimal. 


Tentu setiap penyakit memiliki gejala masing-masing yang perlu segera mendapatkan pemeriksaan, misalnya ada darah pada urine yang bisa menjadi tanda penyakit gagal ginjal atau gejala lainnya. 


Anda yang mengalami gejala penyakit tertentu dan ingin memeriksakan diri tanpa harus mengantre terlalu panjang di klinik atau rumah sakit terkait, sebaiknya pertimbangkan untuk booking dokter di SehatQ yang lebih praktis. 


Bila ingin melakukan konsultasi terkait cara menjaga kesehatan pasien yang menderita penyakit dalam tertentu, Anda juga memakai fitur chat dokter gratis hingga berbayar sesuai dengan ketentuan masing-masing. Mari menjaga kesehatan organ dalam dan sistem kekebalan tubuh lebih optimal mulai sekarang.


Give us your opinion